27 July 2015

Holaa from bontang :D

kalau dikira-kira, ternyata blog ini telah menemai saya sangat lama sekali. mungkin sekitar lima tahun lamanya. padahal saya kira dulu dunia per-blog-an akan lenyap berganti dengan sesuatu hal yang lebih modern, sama halnya seperti google, email, facebook dll. ternyata media sosial tersebut masih bertahan hingga sekarang.
tapi bedanya , dulu saya menulis karena blog ini sedang tren daaaan blog ini bisa dijadikan ajang untuk pamer kegiatan, pamer aktivitas, atau sindir-sindiran wkwk. namun setelah sekian lama dan saya masih bisa menikmati blog-ing , saya baru sadar ternyata sebenarnya sama memang suka menulis. dan kalau dulu saya sangat dipusingkan dengan readers, atau berapa banyak orang yang menikmati tulisan saya, semakin kesini saya semakin tidak mempedulikan hal tersebut. mau tidak sepenting apapun itu , kalau memang saya mau menulis disni, ya saya tulis. saya ga peduli ada yang baca atau tidak, ada yang suka atau tidak, yang saya tau, menulis itu asik dan ternyata bisa meringankan beban, apalagi ternyata lucu rasanya. saya bisa melihat puberty saya sendiri dalam bentuk tulisan. ternyata dulu memang manusia itu bisa labil, bisa alay, dan sebagainya. makanya akhirnya saya lebih memahami anak muda yang alay jaman sekarang, krn memang saya dulu begitu, apalgi setelah membaca tulisan-tulisan dulu wkwk.
saya sedang menikmati masa liburan di kota Bontang. Masa-masa terberat dalam masa perantauan adalah saat sedang ujian akhir dan mepet2 sama liburan, rasanya pengen cepet-cepet pulang padahaaal ya kalo udah nyampe Bontang ya gak seneng-seneng banget juga wkwkwk. hanya memang ada beberapa hal yang membuat beda dengan kota perantauan..
pertama, disini ada keluarga. setelah tahun kedua merantau, di liburan kali ini saya baru benar-benar menyadari betapa berharganya keluarga itu. more than anything! kalo dulu pulang kampung kerjaan main sama temen terusss jarang banget di rumah, karena 15 tahun sekolah bareng dan setelah pisah jd kangeeen banget dan liburan jd ajang kumpul bareng temen sambil nostalgia di tempat yang dulu sering didatengin. tapi ntah knp kalo skrg lebih pengen qtime sama keluarga. temen-temen lain juga kayaknya gitu. Sebernya saya jadi mikir mungkin kalau temen masih bisa main terus sampe beberapa tahun kedepan, lagian mereka juga bukan orang-orang yang ngasih saya makan dan byarin uang kuliah, beda kl orangtua , ntr lagi kan saya nikah ya wkwkwk stlh nikah kan udah gabisa lagi tinggal bareng dan kalau udah kerja pasti sibuk kerja dan sibuk ngurus anak dan suami kl udah nikah, apalagi umur orangtua juga ga ada yang tau kan. hmmm jd itulah pertimbangannya.
kedua. rumah dan segala isinya memberikan perasaan yang berbeda. i dont really know but somehow i feel it. kalau di kamar , aku jadi inget gimana dulu aku berjuang untuk UN, berjuang belajar untuk SBMPTN, belajar untuk sumatif, untuk ulangan, inget gimana rasanya seorang anak kecil yang belum tau dunia berani untuk merajut mimpi2nya di buku catatan kecil, ingat gimana kalo lagi ada masalah cuma bisa nangis dan berdoa dikamar, ingat gimana aku bisa ngerasa deket banget sama Tuhan dengan berdoa atau baca alkitab, atau yang paling penting di rumah inilah tempat aku dididik personally dan scr intim oleh papa dan mama sampai menjadi anak cewek se hebat ini skrg wkwkwk ;) intinya rumah dan segala isinya, walau tak berubah, walau tak mewah dan megah, namun rumah ini memberikan segala hal yang menjadikan saya menjadi seperti sekarang ini. ruang makan, adalah tempat papa paling sering ceramah. tiada hari tanpa wejangan wejangan kehidupan yang diberikan. dan aku sangat bersyukur bs dibesarkan dengan semua hal hal itu. selain rumah, kota ini juga memang sungguh nyaman. ada perasaan yang berbeda. walaupun kota ini gapunya hiburan, tapi seenggaknya sekarang udah banyak cafe2 asik hahaha. selama liburan ini saya merenung disepanjang jalan, apa ya yg dulu saya lakukan dulu selama 18tahun disini gak ada apa apa gini bisa juga ya bertahan di kota hutan gini hahaha. tapi sedihnya banyak banget pohon ditebangi :(

dan di kamar tidur saya, adalah tempat nostalgia yang paling ampuh. bahkan bukan hanya bayangan saja, saya pun seolah2 bisa merasakan perasaan yang sama seperti yang dulu saya rasakan wkwkwwk eh tapi serius. dan keinginan2 yang gak muncul di kamar kos pun muncul disini. seperti menulis blog, oya terus saya kemarin tiba2 kepikiran astronomi. i miss it so much haha saking jomblonya gak ada yang dikangenin --' akhirnya sampe nyari official account astronomi di line supaya update tp ga nemu. sampe ngehubungi guru astronomi jaman olim dulu (sumpah) tapi kakaknya lagi sibuk S2 astro di jepang jadi ga update line huhu T.T suddenly banget padahal 2tahun kuliah ga pernah kepikiran astronomi tapi pas balik kesini tiba2 inget gimana dulu belajar astronomi di kamar ini. dan yap, astronomi adalah ilmu pertama yang saya pelajari , murni karena memang passion. murni dari ketidak tahuan dan rasa penasaran saya yang begitu besar. kalo ditanya, passion saya belajar Astronomi itu more than belajar kedokteran. kalau dikasih kesempatan, dan kalau kuliah itu gak ngeluarin duit dan membuang waktu, saya pengen ambil S2 astronomi atau sekedar ikut-ikut summer course Astronomi gt asik kali ya. tapi krn sekarang udh terlanjur nyebur di dunia kedokteran, terpaksa secara perlahan berkata selamat tinggal astronomi :'. Astronomi adalah ilmu pertama yang membuat saya takjub akan kemegahan Tuhan. WOW banget astronomi itu keren parah asli gilak hahaha membuat saya sadar kalau alam semesta ini luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaas bangettttt bangettt bangetttt. dan yang lebih keren lagi adalah para astronom yang bs mengetahui berbagai hal amazing hanya dengan cahaya, tanpa pernah kesana , tanpa pernah melihat hal tersebut, tapi mereka tahu berapa umurnya, apa kandungannya, apa yang terjadi dengan benda langit tersebut. saya rasa ilmu kedokteran kalah jauh. hahaha. bayangin aja, kalo kedokteran, kamu bisa melihat bendanya, bisa memegang, bisa melihat secara nyata. tapi kalau planet ? galaksi ? bintang ? dan bagaimana kamu bisa mengetahui alam semesta beebrapa ribu tahun yang lalu ? but astronom does it. mereka bisa tahu. hanya bermodal rumus dan cahaya. thats made me crazy haha. yap jd astronomi adalah salah satu hal terindah yang pernah terjadi dalam hidup saya wkwkwkw.

salah satu hal yang membuat saya semakin menyadari kalo memang saya suka astro adalah pada saat saya ke derawan,naik speedboat malam2, yang lain pada ketakutan dan teriak-teriak karena ombaknya mengerikan, tapi saya ? asik ngeliatin langit yang bersih banget dan penuh dengan bintang-bintang dan konstelasinya. dulu saya tiap malam waktu jaman jamannya astronomi suka banget ngeliat bintang dan dengan bangganya pamer ke orang2 disekitar kalo saya bs bedain mana yang bintang mana yang satelit dan mana yang planet. dulu jg beberapa malam sebelum olim ke rumah pak saptana trs pake aplikasi hp bs melihat pergerakan planet tertentu wah pokoknya asik banget. terus kemarin bisa ketemu bintang-bintang lagi, saya seneng banget. mau nangis terharu. di kota jarang kan ya bisa melihat langit sebersih itu. dari bintik bintik kecil itu ternyata tersimpan banyaaak banget keajaiban dan misteri kehidupan hahaaa. terus saya jadi ngelamun kemana mana dan akhirnya jadi galau huahahaha

nah udah bye hehehe

No comments:

Post a Comment